Rabu, 11 Desember 2013

Jangan Mudah Menuduh...



Oleh Ibnu Mukhtar

Segala puji hanyalah milik Alloh. Sholawat dan salam untuk Rosululloh. Amma ba’du!

Saudaraku seislam yang saya muliakan, semoga Alloh memberikan kepada kita kefahaman dan manfaat dari hadits Nabi kita berikut :


عَنْ أَبِى ذَرٍّ - رضى الله عنه - أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - يَقُولُ « لاَ يَرْمِى رَجُلٌ رَجُلاً بِالْفُسُوقِ، وَلاَ يَرْمِيهِ بِالْكُفْرِ، إِلاَّ ارْتَدَّتْ عَلَيْهِ، إِنْ لَمْ يَكُنْ صَاحِبُهُ كَذَلِكَ

Dari Abu Dzar ~rodhiyallohu ‘anhu~ bahwasanya ia mendengar Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ bersabda : “Tidaklah seseorang menuduh orang lain sebagai fasiq atau kafir melainkan tuduhan tersebut akan kembali kepada orang yang menuduhnya jika orang yang dituduhnya tidak sebagaimana yang dituduhkannya.”

[HSR. Al-Bukhori ~rohimahulloh~ dalam shohihnya no. 6045]

Saudaraku seislam yang saya hormati, selain ancaman di atas, seorang yang menuduh saudaranya seislam dengan suatu tuduhan padahal apa yang dituduhkannya itu tidak benar maka Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ bersabda tentangnya :

Dari Abdulloh bin Umar ~rodhiyallohu ‘anhuma~, dia berkata : “Aku telah mendengar Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ bersabda :

وَمَنْ قَالَ فِى مُؤْمِنٍ مَا لَيْسَ فِيهِ أَسْكَنَهُ اللَّهُ رَدْغَةَ الْخَبَالِ حَتَّى يَخْرُجَ مِمَّا قَالَ

Barangsiapa yang berbicara jelek tentang seorang mu’min apa yang tidak dimilikinya maka Alloh akan memberikannya minuman lumpur perasan nanah penduduk neraka sampai dia keluar dari sesuatu yang dia katakan.”

[HR. Abu Dawud ~rohimahulloh~ dalam sunannya no. 3599 dan dishohiehkan oleh Syaikh Al Albani ~rohimahulloh~ dalam Shohiehut Targhieb no. 2845]

Wahai diriku…

Wahai saudaraku seislam…

Wahai hamba-hamba Alloh…

Takutlah kepada Alloh..hati-hatilah dalam menggunakan lisan..bersungguh-sungguhlah dalam menjaga dan mengarahkan lisan.. berusahalah selalu agar tidak ada yang keluar dari lisan kita kecuali ucapan yang mengandung manfaat, kebaikan dan ganjaran di sisi Alloh Robbul ‘Aalamiin..

Semoga Alloh Ta’aala senantiasa menunjuki kita semua kepada apa-apa yang mendatangkan kecintaan dan keridhoan-Nya. Sungguh Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Wa shollallohu wa sallama ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad

---------

Cibaruis di sore hari, 8 Shofar 1435 H / 11 Desember 2013 M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar