Senin, 30 Desember 2013

Masing-masing Ajakan Ada Balasannya…



Oleh Ibnu Mukhtar

Segala puji hanyalah milik Alloh. Sholawat dan salam untuk Rosululloh, istri-istri dan keluarganya, para sahabatnya dan seluruh umatnya yang berpegang teguh dengan Islam dan sunnahnya sampai akhir zaman. Amma ba’du!

Saudaraku seislam yang saya muliakan, mengajak seseorang kepada ‘sesuatu’ merupakan bagian dari kehidupan manusia. Ada yang mengajak kepada hidayah, ada pula yang mengajak kepada kesesatan. Ada yang mengajak kepada apa-apa yang sesuai Sunnah Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~, ada pula yang mengajak kepada apa-apa yang menyelisihinya. Sungguh kehidupan kita tidak pernah lepas dari aktifitas ajak-mengajak ini meskipun beraneka ragam bentuk dan caranya. Kemanapun kita mengajak ~apakah kepada hidayah atau kesesatan, apakah kepada sunnah atau bid’ah~semua itu ada balasannya.


عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ  مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا

Dari Abu Huroiroh ~rodhiyallohu ‘anhu~ bahwasanya Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ bersabda : “Barangsiapa yang mengajak kepada hidayah maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya, hal tersebut tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa yang mengajak kepada kesesatan maka dia menanggung dosa seperti dosa orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa-dosa mereka sedikitpun.”

[HSR. Muslim ~rohimahulloh~ dalam Shohihnya no. 6980]

Saudaraku seislam yang saya hormati, hadits Nabi kita ini menjadi peringatan bagi kita semua agar kita tidak sembarangan dalam mengajak atau mengajarkan seseorang. Bekalilah terlebih dahulu apa yang akan kita ajak itu dengan ilmu yang benar berdasar Al-Qur’an dan As Sunnah.

Ingatlah jika apa yang kita serukan atau kita ajarkan itu adalah perkara yang sesuai dengan ajaran Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ maka Alloh telah menjanjikan pahalanya. Namun jika apa yang kita serukan atau kita ajarkan itu adalah perkara yang tidak benar, sesat dan menyimpang maka kita akan menanggung dosanya.

Demikian dapat disampaikan.

Semoga Alloh menunjuki penulis dan pembacanya kepada ucapan dan amalan yang dicintai dan diridhoi-Nya. Sungguh Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Wa shollallohu wa sallama ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar