Selasa, 24 Desember 2013

Minum Tiga Kali Bernafas, Bagaimana Caranya?




Oleh Ibnu Mukhtar

Segala puji hanyalah milik Alloh. Sholawat dan salam untuk Rosululloh. Amma ba’du!

Saudaraku seislam yang saya muliakan, di antara yang Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ contohkan ketika minum adalah beliau meminum air dengan tiga kali bernafas. Lalu, bagaimanakah cara minum seperti Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ itu?

Saudaraku seislam yang saya cintai, mari kita perhatikan salah satu hadits yang disampaikan Abu Huroiroh ~rodhiyallohu ‘anhu~ berikut :


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَشْرَبُ فِي ثَلاثَةِ أَنْفَاسٍ، إِذَا أَدْنَى الإِنَاءَ إِلَى فِيهِ سَمَّى اللَّهَ، فَإِذَا أَخَّرَهُ حَمِدَ اللَّهَ، يَفْعَلُ بِهِ ثَلاثَ مَرَّاتٍ".

Dari Abu Huroiroh ~rodhiyallohu ‘anhu~, ia berkata : Adalah Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ minum tiga kali bernapas. Apabila beliau mendekatkan gelas ke mulutnya beliau membaca ‘bismillaah (dengan nama Alloh)’. Dan apabila beliau menjauhkan gelas dari mulutnya beliau mengucapakan ‘Alhamdulillaah (Segala puji bagi Alloh ). Beliau melakukan itu tiga kali.

HR. Thobroni –rohimahulloh- dalam al-Mu’jamul awsath no. 840. Dishohihkan Syaikh Al Albani –rohimahulloh- dalam Ash-Shohihah no. 1277

Dari hadits Nabi kita tersebut maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

Pertama, beliau meminum air dengan tiga kali bernafas.

Kedua, beliau mengucapkan ‘Bismillaah’ sebelum meminum air dan mengucapkan ‘alhamdulillaah’ setelah minum. Beliau melakukan itu tiga kali.

Demikian dapat disampaikan.

Semoga catatan sederhana ini termasuk upaya menghidupkan sunnah Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ yang bermanfaat untuk penulisnya maupun untuk saudara-saudaranya seislam yang mendapatkan manfaatnya.

Mari Serba Sunnah Jangan Betah Serba Salah.

Wa shollallohu wa sallama ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad

----

Selasa 21 Shofar 1435 H / 24 Desember 2013 M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar