Minggu, 22 Desember 2013

Peringatan Bagi Yang Suka Memamerkan Amalnya…



Oleh Ibnu Mukhtar

Segala puji hanyalah milik Alloh. Sholawat dan salam untuk Rosululloh, istri-istri dan keluarganya, para sahabatnya dan seluruh umatnya yang setia kepada Islam dan sunnahnya sampai akhir zaman. Amma ba’du!

Saudaraku seislam yang saya muliakan, sungguh berbahagialah seorang hamba yang dimudahkan dan disibukkan dalam melakukan kebaikan. Punya kelebihan harta, ia berbagi kepada sesama. Memiliki ilmu yang bermanfaat, ia ajarkan kepada yang lainnya. Mendapatkan kekuasaan, ia gunakan untuk menegakkan keadilan dan menumpas kezholiman.  Apa pun kebaikan yang ia ketahui dan mampu ia lakukan, maka pastilah ia akan lakukan.


Akan tetapi…tidak semua kita melakukan kebaikan itu karena Alloh yang ditujunya..tidak semua kita melakukan amal sholeh itu untuk mencari keridhoan Robbnya..Kebanyakan kita beramal dan berbuat kebaikan didorong oleh niyat yang kurang iklash bahkan memang sudah rusak dari awalnya, kecuali mereka yang memang dipilih dan dirahmati Alloh saja..

Ada di antara kita melakukan kebaikan karena ingin mendapatkan pujian orang (sum’ah)..Untuk itu maka setiap aktifitasnya selalu ia perdengarkan kepada orang lain baik melalui sms, bbm dan semisalnya padahal tidak ada orang yang menanyakan apa yang sedang dikerjakannya..Ia abadikan apa yang diamalkannya dengan kamera, lalu ia sebarkan diberbagai media. Begitu pula setiap ada kesempatan ia selalu memperbaharui statusnya di FB dan media lainnya..Ia ingin berbagai amalan yang ia lakukan apakah lagi ngaji, tahajjud, bersedekah dan lainnya diketahui orang lain.

Ada pula di antara kita melakukan kebaikan untuk dilihat orang (riya’)..saat mendapatkan pujian atau dilihat orang, ia bersemangat dalam memperbagus kebaikannya..saat tak mendapatkan tanggapan, ia kecewa dan asal-asalan dalam melakukan kebaikan..Kita lupa atau pura-pura tidak tahu, bukankah Alloh Maha Melihat dan Mengetahui isi hati kita?

Wahai diriku…

Wahai saudara-saudaraku seislam..

Wahai hamba-hamba Alloh…

Takutlahlah kepada Alloh..Malulah kepada-Nya..Sungguh begitu banyak kenikmatan yang telah Alloh berikan kepada kita..Ikhlaskanlah seluruh amal-amal kita.. Tujulah Alloh semata..Carilah keridhoan-Nya saja..Janganlah kita berbuat baik atau beramal sholeh untuk mendapatkan sebutan dan pujian makhluk atau harta dunia yang hina ini..Takutlah kepada Alloh akan suatu hari yang semua rahasia akan dibongkar oleh-Nya..

Dari Abdulloh bin Amru ~rodhiyallohu ‘anhuma~, ia berkata : Aku mendengar Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ bersabda :

مَنْ سَمَّعَ النَّاسَ بِعَمَلِهِ سَمَّعَ اللَّهُ بِهِ سَامِعَ خَلْقِهِ وَصَغَّرَهُ وَحَقَّرَهُ

“Barangsiapa yang memperdengarkan amalnya kepada manusia (berbuat sum’ah) niscaya Alloh akan memperdengarkan niyatnya itu kepada seluruh makhluk-Nya, Dan Alloh akan menghinakan dan merendahkan orang itu.”

[HR. Ahmad ~rohimahulloh~ dalam musnadnya no.  6839, Ath Thobroni ~rohimahulloh~ dalam al-Mu’jamul Kabir no. 1493, dan dinilai Shohih oleh Syaikh Al-Albani ~rohimahulloh~ dalam Shohih at-Targhiib wat Tarhiib no. 25]

عَنْ مُعَاذِ بن جَبَلٍ، عَن ْرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:"مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُومُ فِي الدُّنْيَا مَقَامَ سُمْعَةٍ وَرِيَاءٍ إِلا سَمَّعَ اللَّهُ بِهِ عَلَى رُءُوسِ الْخَلائِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Dari Mu’adz bin Jabal ~rodhiyallohu ‘anhu~, dari Rosululloh ~shollallohu ‘alaihi wa sallam~ bersabda : “Tidaklah seorang hamba beramal suatu amalan di dunia ini karena sum’ah dan riya’ melainkan Alloh akan memperdengarkan niyat buruknya itu di hadapan makhluk-makhlukNya di hari kiamat.”

[HR. Ath Thobroni ~rohimahulloh~ dalam al-Mu’jamul Kabir no. 16661 dinilai Shohih lighoirihi oleh Syaikh Al Albani ~rohimahulloh~ dalam Shohih at-Targhiib wat Tarhiib no. 28]

Ini hanyalah sebuah nasihat bagi diri penulis dan untuk siapa pun yang mau mengambil manfaatnya.

Dan pada akhirnya, semoga Alloh menjadikan kita termasuk hamba-hamba-Nya yang sholeh, selamat di dunia dan di akhirat, dan masuk Surga dengan hisab yang mudah. Aamiin

Wa sholllallohu wa sallama ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad

---

Ditulis di Cibaruis pada Ahad pagi 19 Shofar 1435 H / 22 Desember 2013 M saat hujan gerimis..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar